Mahasiswa PBA IAI AL-AZIS Kembali melakukan Penyuluhan Kesehatan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Kepada Masyarakat Tahun 2024

Gambar 1 Kelompok 2 sedang menyampaikan materi tentang Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi setiap orang. Karena jika tubuh sakit, kita tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun dengan baik. Badan pun terasa lemas dan tidak bersemangat. Selain itu, apapun yang kita makan akan terasa hambar ataupun pahit. Dengan tubuh yang sehat, kita akan lebih bersemangat dalam menjalani hari. Hal itu tentunya didapat dari kebiasaan yang baik pula, seperti pola makan yang baik dan teratur, lingkungan yang terjaga, aktivitas fisik seperti olahraga, minum air putih yang cukup, dan pola tidur yang baik akan menentukan Kesehatan tubuh kita. Dengan membiasakan hal-hal tersebut kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Hal itu merupakan mimpi bagi setiap orang yang paham tentang pentingnya Kesehatan bagi kehidupannya. 


Tak jarang Sebagian orang dari kita ada yang belum paham bagaimana cara menjaga Kesehatan tubuhnya dengan baik. Hal ini dapat diterapkan bagi dirinya dan keluarganya mulai dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar. Contohnya seperti, “Perilaku Mencuci Tangan Yang Baik dan Benar “Serta “Tubuh Sehatku Berasal dari Isi Piringku”. Hal tersebut merupakan judul kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAI AL-AZIS Angkatan 9 Tahun 2024.


Kami terbagi menjadi 2 kelompok yang masing–masing beranggotakan 5 orang. Kelompok 2 bertempat di Masjid Al-Iman Kecamatan Gantar Indramayu kepada anak-anak TPQ Al-Fatih dan Kelompok 1 di SD Islam Salsabila Kota Bekasi. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester 5 dalam matakuliah Kesehatan yaitu Ustadzah Dahlia Nurdini, AMG.,SKM.M.Kes.sebagai dosen pengampu.

Pada tanggal 13 Januari, kelompok 2 yang diketuai oleh Rizky Ardiansyah Sarah Aulia, dengan beranggotakan Dina Kamila, Fadhila Syahda Nissa, Ayunda Zahra Al-A’raaf dan Mulkiyah Nur Rohmah melaksanakan PKM pada anak-anak yang mengaji di TPQ Al-Fatih Kec. Gantar Indramayu, pelaksanaannya bertempat di Masjid Al-Iman. Dengan mengangkat Judul “Perilaku Mencuci Tangan yang Baik dan Benar”.

Kegiatan dibuka oleh ketua pelaksana yaitu Rizky Ardiansyah, setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan dan menyampaikan maksud dari apa yang ingin dilaksanakan. Sebelum masuk pada penyampaian materi, ada pengisian soal Pre-Test kepada anak-anak TPQ Al-Fatih terkait materi yang akan disampaikan.

Setelah selesai, dilanjutkan dengan pengisian materi. yang diisi oleh Dina, Fadhila, Ayunda, dan Rizky mengenai  Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar dengan air mengalir, 5 Waktu Penting mencuci tangan, dan Manfaat Mencuci tangan. 

Gambar 2 Anak-anak TPQ Al-Iman sedang menyimak penyampaian materi dengan antusias

Peserta yang hadir berjumlah 12 orang terdiri dari kelas 3-6 SD, dan ada juga diantaranya dari kelas 7 dan 9. Saat penyampaian materi, mereka begitu bersemangat dan antusias memperhatikan dengan baik. 

Setelah itu, supaya apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Mereka mengajak anak-anak untuk praktek langsung cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan air mengalir menggunakan sabun. 

Gambar 3 Anak-anak sedang melakukan praktek langsung cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan air mengalir dan sabun


Gambar 4 Anak-anak mengelap tangannya setelah selesai mencuci tangan menggunakan lap yang telah disediakan.

Anak-anak sangat bersemangat Ketika diajak praktek langsung bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. 

Setelah semuanya sudah melaksanakan praktek, mereka kembali ke dalam masjid untuk mengerjakan soal Post-Test. Dan ditutup dengan pembagian snack kepada seluruh peserta, foto Bersama, dan melaksanakan shalat magrib berjama’ah di masjid. 

Gambar 5 Kelompok 2 melakukan foto bersama anak-anak TPQ Al-Fatih


Setelah selesai shalat, pelaksana kelompok dua menuju ke tempat kediaman Bapak Wawan Baihaqi selaku Pengurus TPQ Al-Fatih dan Bapak Yahya selaku DKM Majid Al-Iman, untuk memberikan cenderamata sebagai tanda terima kasih karena telah memberikan kesempatan untuk memberikan materi kepada anak-anak binaannya dan tempat kegiatan berlangsung. 

Gambar 6 Kelompok 2 melakukan foto bersama Pengurus TPQ Al-Fatih

Gambar 7 Kelompok 2 melakukan foto bersama DKM Masjid Al-Iman



Selain itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 9, Kelompok 1 juga telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan pemberian materi mengenai penyuluhan kesehatan yang berjudul “Tubuh Sehatku Berasal dari Isi Piringku” bersama dengan siswa kelas 4,5 dan 6 di SD Islam Salsabila Kota Bekasi yang telah di laksanakan pada tarikh Jum’at, 19 Januari 2024.


Adapun Ketua dari kelompok 1 yaitu Syukron Al-Itmam disertai dengan 4 orang anggota yaitu Anggi Laila Syarifah, Nurul Azkiyah, Mufidah Hasnah Zahabiyah dan Silfi Agustina Aulia Rahmi.Penyuluhan dimulakan pada pukul 10.00 sampai dengan 11.00 WIB, ketika kami tiba di sekolahan para siswa telah berkumpul untuk menyimak materi yang akan kami sampaikan selama 1 jam ke depan. 


Sebelum dimulaikan Pak Sandi Permana, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Islam Salsabila menyampaikan kata pengantar untuk memberikan penjelasan atau tujuan kepada para siswa mengenai kehadiran mereka datang ke sekolah tersebut. Kemudian kami menyapa para siswa dengan gembira dan bersemangat, mereka mengenalkan diri dengan dipandu oleh Syukron Al-Itmam sebagai moderator. Sebelum menyampaikan materi penyuluhan, ada pengisian soal pre-test sebanyak 10 pertanyaan kepada siswa kelas 4, 5 dan 6. Dan salah satu dari anggota mereka yaitu Anggi memberikan penjelasan mengenai pengerjaan soal yang harus di jawab. 


Gambar 8 Salah satu Pelaksana dari kelompok 1 mengawasi pengerjaan soal Pre-Test pada anak-anak SD kelas 4 SD Salsabila

Setelah seluruh siswa selesai menjawab soal, para siswa kembali ke posisi masing-masing dan siap menyimak penyampaian materi mengenai gizi seimbang yang berasal dari isi piringku. Penyampain materi yang diawali dari Silfi menyampaikan seputar karbohidrat dari mulai pengertiannya, contoh dari karbohidrat dan manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohirat. Kemudian, Anggi menyampaikan seputar protein, Syukron menyampaikan seputar buah-buahan dan sayuran, dilanjut oleh Nurul Azkiyah menyampaikan seputar mineral dan yang terakhir yaitu Mufidah menyampaikan seputar kalsium.


Gambar 9 Pemberian materi 

Semua isi kandungan yang terdapat pada makanan yang selama ini kita konsumsi sangat penting bagi kesehatan tubuh dan harus di sertai juga dengan berolahraga secara teratur untuk menjaga jasmani dan rohani kita.


Setelah penyampaian materi, siswa diberikan soal post-test kembali untuk siswa kelas 4 sebanyak 25 orang masing-masing menjawab 10 pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan siswa, Setelah sudah di sampaikan materi. Selama pemberian mater, para siswa menyimak dengan sungguh-sungguh, aktif, tetap fokus dan semangat dalam menanggapi pertanyaan dari kakak pelaksana. 

Gambar 10 Anak-anak kelas 4,5, dan 6 menyimak materi yang disampaikan

Pada saat menjawab angket (post-tes) siswa pun sudah lebih memahami pengetahuan mengenai gizi seimbang. Suasana pun menjadi menyenangkan sehingga kondisi penyuluhan dapat tercapai dengan tujuan yang diinginkan.

Kemudian sebelum mengakhiri kegiatan, kami memberikan hadiah berupa sebuah roti dan susu kotak kepada para siswa kelas 4 serta memberikan cenderamata kepada kepala sekolah dan guru-guru disana, berupa buah-buahan sebagai tanda terimakasih karena telah mengizinkan kami melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Serta berfoto bersama dengan para guru dan seluruh siswa kelas 4, 5 dan 6.

Gambar 11 Kelompok 1 melakukan foto bersama Guru-guru SD Salsabila Bekasi 

Gambar 12 Kelompok 2 melakukan foto bersama anak-anak SD kelas 4,5,6 Salsabila







0 Comments