KEGIATAN WEBINAR PERAN BAHASA ARAB SEBAGAI ILMU DALAM PENGEMBANGAN PERADABAN ISLAM

 

Pada tanggal 24 Desember 2023, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia mengadakan webinar dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab se-Dunia yang diperingati pada tanggal 18 Desember 2023 dengan tema “Peran Bahasa Arab Sebagai Ilmu Dalam Pengembangan Peradaban Islam”.

Webinar ini merupakan webinar pertama yang diadakan pada Dharma Bhakti IV yang diketuai oleh Ukhty Fadhila Syahda Nissa sebagai ketua panitia pelaksana webinar dengan pemateri yang keren dan luar  biasa yaitu, Ustadz. Moch. Hasyim Fanirin, S.Pd.I., MA.Pd. serta dipandu oleh MC, Ukhty Maulida Diana dan moderator Akhi Yusron Al-Hariq Azhar.

 

Gambar 1 Poster Kegiatan Webinar

Pendaftaran dibuka untuk umum mulai tanggal 22 Desember 2023 melalui link Google Form yang dibagikan bersamaan dengan paamflet webinar. 

Webinar diadakan pada malam hari pukul 19.30 WIB via Zoom Meeting dengan dihadiri oleh 54  peserta webinar dari dalam kampus (IAI AL-AZIS) maupun luar kampus. Webinar diawali dengan pembacaan tatatertib webinar oleh MC, dilanjutkan dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah, sambutan dari ketua panitia dan Kaprodi PBA, penyampaian materi, sesi Tanya jawab, sesi foto bersama, serta penutup.

 

Gambar 2 Dokumentasi kegiatan webinar 

Peserta webinar sangat antusias mengikuti webinar terlihat saat sesi tanya jawab yang berlangsung cukup lama melebihi batas waktu yang telah ditetapkan. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta webinar dijawab dengan antusias juga oleh pemateri dengan obrolan 2 arah, saling sahut-menyaut yang menambah antusias para peserta webinar.

 

Gambar 3 Dokumentasi kegiatan webinar bersama peserta

Webinar diakhiri pada pukul 22.00 WIB setelah melakukan sesi foto bersama. Setelah webinar selesai, beberapa panitia memberikan ucapan terimakasih kepada para peserta webinar yang telah hadir pada mala hari itu di Grup Chat Whatsapp.

Penyebaran notulensi hasil webinar, link upload kegiatan webinar, serta link sertifikat dibagikan pada tanggal 26-30 Desember 2023 di Grup Chat Whatsapp.


0 Comments