Mahasiswa PBA IAI AL-AZIS Mengikuti Kegiatan Muktamar ITHLA XI di Asrama Haji Embarkasi Jakarta

Peserta Muktamar ITHLA IX
Gambar 1 Peserta Muktamar ITHLA XI 

ITHLA (Ittihadu Thalabah Al Lughah Al Arabiyah bi Indonesia) atau Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se-Indonesia menyelenggarakan kegiatan Muktamar ITHLA XI di Asrama Haji Embarkasi  Jakarta pada tanggal  27-30 November 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh ITHLA sebagai ikhtiar dalam mewujudkan tujuan bersama.

Acara ini diikuti oleh 1000 peserta dari 142 instansi yang terdaftar keanggotaan ITHLA, adapun acara pada kegiatan sidang Muktamar XI ini yaitu Grand Opening, Sidang Muktamar ITHLA XI, Seminar Nasional dan Internasional, Workhsop Interaktif, Kemah Bahasa Arab Nasional, Perlombaan Tingkat ASEAN, Malam Apresiasi Seni dan Budaya, dan Kirab Budaya. 

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (PBA IAI AL-AZIS) mengirimkan lima orang perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Diantaranya yaitu, Fadhila Syahda Nissa dan Nurul Azkiyah dari Mahasiswa PBA semester 5 Angkatan 9. Dan Bersama rekan-rekannya yang lain yaitu, Ikhwanul Muslimin, Afdhalul Madani, dan Maulida Diana yang merupakan Mahasiswa PBA semester 3 Angkatan 10 serta mahasiswa yang turut serta dalam membantu keberangkatan kelima perwakilan yaitu, Aceng Cahyani Mahasiswa PBA semester 3 Angkatan 10. 


Gambar 2 Keberangkatan perwakilan Mahasiswa PBA IAI AL-AZIS ke asrama Haji Embarkasi,
 Pondok Gede, Jakarta Timur. 

Perwakilan dari Mahasiswa PBA IAI AL-AZIS berangkat ke Asrama Haji Embarkasi Jakarta pada hari Senin tanggal 27 November 2023 pukul 08.00 WIB. sampai disana pada pukul 10.00 WIB. Panitia memberikan arahan untuk menuju Gedung D5 untuk melakukan check in peserta.

Dikarenakan check in peserta dilakukan pada pukul 13.00 WIB, mereka berkeliling di sekitar lokasi Haji Embarkasi Jakarta. Setelah sampai pada waktunya, mereka melakukan check in peserta sekaligus pembagian kamar penginapan. Untuk Perempuan, ditempatkan di Gedung A kamar 209, sementara laki-laki ditempatkan di Gedung C lantai 302 untuk beristirahat. Setelah beristirahat, dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan Muktamar ITHLA XI pada pukul 19.00 WIB. Di Gedung serbaguna 1 oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) H. Saiful Rahmat Dasuki, S.IP., M. Si.

Setelah pembukaan, para peserta yang masuk ke dalam kategori peserta sidang Muktamar melanjutkan acaranya menuju Gedung Sekretariat. Kegiatan ini dilaksanakan di lantai 3 dan acaranya dimulakan dengan membahas sidang pleno yang dihadiri oleh 2 perwakilan dari setiap Instansi serta pengurus DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dan DPP (Dewaan Pimpinan Pusat) yang hadir di kegiatan Muktamar ITHLA XI.

 


Gambar 3 Dewan Pimpinan Sidang sedang membuka acara Sidang Muktamar di Gedung Sekretariat lantai 3.


Pada hari Selasa tanggal 28 November 2023, para Mahasiswa mengikuti beberapa seminar yang dihadiri oleh beberapa tokoh Indonesia. dan luar negeri. Rangkaian seminar berlangsung hingga pukul 17.00 WIB yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna 1.

 

                                                        Gambar 4 Pembicara pertama, yaitu Dr. H. Ahmad Doni Munir (Bupati Sumedang 2018-2023) dan
                                                                       Anna Nurbani, S. E. (Direktur Pemberdayaan Usaha, Kemenvest).



                                     Gambar 5 Pembicara kedua, yaitu Dr. H. Sandiaga Salahudin, B.B.A., M.B.A. (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
dan  H. Arwani Thomafi (Anggota Komisi I DPR RI). 

Pada malam harinya, kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu sidang paripurna Muktamar ITHLA XI dan Focus Group Discussion (FGD). Sidang paripurna dihadiri oleh 2 perwakilan dari setiap Instansi, pengurus DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dan DPP (Dewaan Pimpinan Pusat) yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat. Sedangkan Focus Group Discussion diisi oleh seluruh mahasiswa yang hadir selain peserta yang mengikuti sidang paripurna di Gedung Sekretariat.

Pada hari Rabu, 29 November 2023, para mahasiswa kembali mengikuti seminar di Gedung Serbaguna 1 hingga pukul 17.00 WIB.


Gambar 6 Pembicara ketiga, Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, Lc., M.A. (Wakil Ketua MPR RI), Muhyiddin Junaidi (Ketua MUI Pusat),
Prof. Warsito, S.Si., D.E.A., Ph.D. (Deputi 6 Kemenko PMK). 



   Gambar 7 Pembicara keempat, Dr. H. Arsul Sani S.H., M.SI. Pr.M. (Wakil Ketua MPR RI).

        

   


         Gambar 8 Pembicara kelima, Prof. Dr. Uril Bachruddin, M.A. (Ketua Umum IMLA) dan 
          Dr. Fathallah Muhamed Fathallah Z. (Ketua Delegasi Al-Azhar Mesir untuk Indonesia). 


Gambar 9 Pembicara keenam, Dra. Hj. Safira Machrusah, MAAS. (Duta Besar Indonesia untuk Aljazair).

Pada malam harinya, dilaksanakan beberapa rangkaian acara di gedung Serbaguna 1 yaitu, Talkshow bersama alumni, Pengukuhan Ketua Umum ITHLA dan Ketua DPW 1-6 periode 2023-2024, Pengumuman dan pembagian hadiah perlombaan Kemah Bahasa Arab Internasional serta pembagian doorprize, Deklarasi ITHLA ASEAN dan Closing Ceremony kegiatan Muktamar ITHLA XI


                                                                  Gambar 10 Talkshow Bersama alumni Pengurus ITHLA di gedung serbaguna 1.



                                                               Gambar 11 Pengukuhan Ketua Umum ITHLA Periode 2023-2025.



                                                      Gambar 12 Deklarasi ITHLA ASEAN Dipimpin oleh Ketua Umum ITHLA Periode 2022-2023 dan 

Delegasi  Mahasiswa Malaysia.


Kegiatan Muktamar diakhiri pada hari Kamis, 30 November 2023 dengan dilakukannya Kirab Budaya ke Taman Mini Indonesia Indah. Perwakilan instansi menggunakan pakaian adat dari daerah instansinya masing-masing dan peserta lainnya menggunakan kaos Muktamar ITHLA XI saat Kirab berlangsung.

 Gambar 13 Kirab Budaya ke Taman Mini Indonesia Indah didampingi oleh LO (Liaison Officer). 

Dengan adanya kegiatan Muktamar ITHLA XI mereka bersyukur bisa turut andil dalam mensukseskannya, karena dari kegiatan ini bisa menambah relasi dari berbagai kampus, menambah wawasan dalam berorganisasi dan cara meningkatkan Bahasa arab. Dengan ilmu yang disampaikan oleh pembicara hebat dari beberapa Tokoh Nasional, disuguhkan materi yang menambah wawasan untuk lebih semangat dalam mempelajari Bahasa arab, menambah skill, dll. Untuk bekal di masa depan. Harapannya apa yang didapat bisa diaktualisasikan untuk kemajuan kampus tercinta yaitu IAI AL-AZIS dan silaturahmi ini terus terjalin sampai kapan pun. 

Gambar 14 Delegasi PBA IAI AL-AZIS foto bersama Deklarator Organisasi ITHLA,
 Ja’far Shodiq S.Hum.

Deklarator Organisasi ITHLA yaitu Ja’far Shodiq S.Hum berpesan “Perbanyak kegiatan, supaya IAI AL-AZIS dikenal baik oleh banyak orang”. 






0 Comments