Asesmen Lapangan Prodi PBA – Maju dan Terus Maju

 

Gambar 1 Asesmen Lapangan Prodi PBA oleh asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Menjelang bulan Ramadhan 1443, selama dua hari yaitu tarikh 25 – 26 Maret 2022 prodi PBA melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan sebagai bagian dari rangkaian proses akreditasi dari BAN-PT. Setelah melakukan upload berkas sebagai persyaratan re-akreditasi pada bulan Maret 2021, satu tahun kemudian dalam kegiatan yang disebut sebagai Asesmen Lapangan (AL) para asesor secara daring melakukan pengecekan secara langsung apakah data-data yang sudah dikirim dalam LKPS maupun LED dapat dipertanggungjawabkan, sekaligus juga mengkonfirmasi hal-hal yang masih dianggap belum jelas.

Asesor yang ditugaskan dalam AL ini adalah Prof. Dr. Drs. Ahmad Thib Raya, M.A. dan Prof. Mohammad Husnan Lubis, M.A., PhD. Selama dua hari penuh para asesor melakukan tanya jawab dengan pimpinan UPPS/ Dekan Fakultas Tarbiyah, ketua program studi PBA, unit penjaminan mutu internal, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, sampai pengguna lulusan. Berbagai hal yang ditanyakan akan membuktikan apakah semua komponen Fakultas maupun program studi berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan atau lebih baik lagi melebihi standar sehingga dapat mencapai mutu pendidikan tinggi yang terbaik

Kejadian menarik ketika salah satu mahasiswa yang diwawancari oleh asesor yaitu Ariane Nafilah (PBA angkatan 2018) didorong oleh kedua asesor untuk melanjutkan studi S2 tetap di bidang Bahasa Arab. Bahkan Prof. Thib Raya menjanjikan akan memberikan rekomendasi bila Ariane melanjutkan S2 di prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini menunjukkan betapa besar perhatian para asesor terhadap perkembangan Pendidikan Bahasa Arab termasuk PBA di IAI AL-AZIS.

Hasil yang diharapkan tentu saja yang terbaik. Pada tarikh 19 April 2022 hasil akreditasi telah diumumkan yaitu melalui SK No 2436/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2022  dinyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAI AL-AZIS mendapatkan peringkat Baik, berlaku sampai dengan 19 April 2027. Dengan mengucapkan hamdallah atas hasil tersebut, seluruh civitas PBA maupun Fakultas Tarbiyah tetap bertekad bulat yaitu maju terus pantang mundur melaksanakan Pendidikan Bahasa Arab demi mencapai visi prodi yang dicita-citakan. (wns)

 

Gambar 2. Asesmen Lapangan melibatkan seluruh perwakilan civitas PBA IAI AL-AZIS

Gambar 3 Personal inti Fakukltas Tarbiyah/ Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI AL-AZIS kompak mensukseskan kegiatan asesmen lapangan


0 Comments