HIMMA PBA mengadakan Webinar “Pendekatan Sintaksis Arab dalam Audhohul Manahij Bagian 1”

 

Poster kegiatan webinar 

Pada tanggal 29 Juni 2024 HIMMA PBA IAI AL-AZIS dari divisi Pendidikan & Pengembangan Bahasa mengadakan program webinar Nahwu yang diinisiasi oleh Ustazah Iis Susiawati, M.Pd. sebagai salah satu dosen tetap PBA di IAI AL-AZIS yang merupakan alumni dan Dosen Pembimbing HIMMA PBA di IAI AL-AZIS. 

Kegiatan ini dilakukan karena merasa perlu dilaksanakan, dengan mengingat mahasiswa PBA yang membutuhkan wadah untuk bisa mendalami Gramatika Bahasa Arab. Pada kegiatan ini berfokus pada pendekatan sintaksis Arab yaitu nahwu.  

Webinar nahwu ini tidak dilakukan sekali setelah itu selesai, tetapi kegiatan ini diadakan secara berlanjut yaitu satu bulan sekali, karena kegiatan ini dijadikan sebagai PKM antara dosen dengan mahasiswa. 

Dalam kegiatan ini tidak hanya dikhususkan untuk mahasiswa prodi PBA saja atau yang berhubungan dengan Bahasa Arab, tetapi semua prodi baik mahasiswa atau pun umum yang memiliki keinginan untuk belajar dan ingin mendalami gramatika Bahasa Arab dengan pendekatan sintaksis dapat mengikuti kegiatan ini Bersama-sama. 

Dalam kegiatan ini pemateri memakai kitab Audhohul Manahij, karena menurut beliau kitab ini cocok digunakan karena didalamnya disuguhkan dalam bentuk skema atau bagan sehingga dapat dipahami. Diperlukan mufrodhat untuk membantu dalam membuat contohnya. 

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 26 peserta yang tidak hanya mahasiswa dari prodi PBA saja, tetapi dari prodi lain pun, turut mengikuti webinar ini. Seperti yang dikatakan pemateri bahwa Bahasa Arab itu tidak hanya wajib dipelajari oleh orang Bahasa saja, tetapi semua orang juga perlu mempelajarinya. 

 

Foto bersama seluruh peserta webinar


0 Comments