KKN IAI AL- AZIS Angkatan 7 di 10 Desa

Angkatan 7 IAI AL AZIZ telah berada pada semester akhir, didalamnya terdapat rangkaian kegiatan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembuatan jurnal, dan projek sebelum akhirnya menyusun dan mengajukan proposal skripsi.

Pada tanggal 27 Juli 2022 Mahasiswa IAI AL AZIZ Angkatan 7 berkumpul di depan gedung HMS untuk mengadakan upacara pelepasan KKN. Upacara pelepasan KKN dihadiri oleh Wakil Rektor, perwakilan Majelis Guru, dan Mudabbir Asrama serta para dosen IAI AL AL AZIZ. Acara dipandu Oleh Nissa Nurhadidah dari Prodi HES Angkatan 7.

Rangkaian Upacara yang pertama adalah menyanyikan mars IAI AL AZIZ, dilanjut dengan laporan ketua panitia KKN oleh ust Moh. Mas’ud Arifin, M.Pd, lalu sambutan dari wakil rektor bidang administrasi dan bidang akademik, sekaligus penyampaian arahan dari rektor IAI AL AZIZ oleh Usth Fitri Rachmiati  Sunarya M.B.A.

KKN ini tahun ini mengusung tema “Kontribusi Mahasiswa IAI Al-Azis dalam pemulihan kondisi Ekonomi, Mental dan kesehatan pasca Pandemi covid -19”  Kelompok KKN tahun ini lebih banyak dari pada tahun-tahun kemarin. Dikarenakan peserta KKN tahun ini mencapai 263 orang dan dibuat 10 kelompok di 2 kecamatan yaitu kecamatan Gantar dan Kecamatan Haurgeulis dan 10 desa binaan Mahad Al-Zaytun.

Desa KKN di kecamatan Gantar ;

1. Blok Mekarsari, Desa Mekarjaya dengan nama kelompok Menara Air

2. Blok Balir, Desa Mekarjaya dengan nama kelompok Menara Gading

3. Desa Gantar dengan nama kelompok Garuda Gantar

4. Desa Situraja dengan nama kelompok Phylantrophis

5. Desa Sanca dengan nama kelompok Sancaka

6. Desa Baleraja dengan nama kelompok Univeral

Adapun desa KKN di kecamatan Haurgeulis ;

 1. Blok. Carik, Desa Haurgeulis dengan nama kelompok Jati Emas

2. Desa Haurkolot dengan nama kelompok Haursuci

3. Desa Kertanegara dengan nama kelompok Singasari

4. Desa Karang Tumaritis dengan nama kelompok Badranaya

Setelah mengadakan upacara pelepasan, masing-masing kelompok KKN berkumpul di ruang-ruang kelas di hms untuk perkenalan sekaligus membahas proker, struktural dan hal-hal yang dibutuhkan selama KKN dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

KKN dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 27 Juli 2022 sampai dengan 27 Agustus 2022. Masing-masing kelompok KKN diberi waktu untuk membuat Program Kerja (proker) dan hal-hal apa saja yang akan dilakukan selama masa KKN berlangsung dalam bentuk proposal kegiatan.

Pada tanggal 1 Agustus 2022 peserta  melakukan upacara di kantor kecamatan masing-masing. Kelompok KKN yang berada di Gantar melakukan upacara didepan lapangan kantor Kecamatan Gantar, dan kelompok KKN yang berada di desa Haurgeulis mengadakan upacara di balai pertemuan kantor Kecamatan Haurgrulis. Pembukaan ini tentunya di hadiri oleh Sekretaris Camat beserta jajaran, Wakil Rektor dan para Dosen pembimbing.

Setelah hampir rampung, kegiatan KKN selama satu bulan ini, pada tanggal 23-24 Agustus diadakan seminar hasil setelah melaksanakan program kerja yang telah dirancang sebelumnya. Masing- masing ketua kelompok KKN memaparkan hasil dari kinerja selama KKN, potensi yang berkembang di desa tersebut, hasil pengumpulan data sensus dan data rumah sehat serta UMKM yang dijalankan di desa tersebut. Adapun akhir dari kegiatan KKN ini adalah membuat laporan-laporan yang berkenaan dengan kegiatan ini, membuat outcome berupa jurnal dan e-book dan pelaporan tentang dokumentasi selama KKN.

Foto-foto peserta KKN perkelompok :

Kelompok KKN Garuda Gantar

Kelompok KKN Menara Gading 

Kelompok KKN Universal

Kelompok KKN Sancaka

Kelompok KKN Menara Air

Kelompok KKN Phylantrophis

Kelompok KKN Haursuci

Kelompok KKN Jati Emas

Kelompok KKN Badranaya

Kelompok KKN Singasari

2 Comments

  1. sukses selalu untuk program kkn
    semoga program pengabdian ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat

    balon udara promosi

    ReplyDelete
  2. semangat terus untuk mengabdi kepada masyarakat
    salam sukses selalu
    jasa pengaspalan

    ReplyDelete