Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa PBA IAI AL-AZIS Angkatan 6

 


Wawancara kepada masyarakat dalam penelitian untuk mengetahui kondisi masyarakat

Sejumlah 21 mahasiswa PBA tahun ini melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama mahasiswa IAI AL-AZIS lainnya seramai 213 orang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan yang masuk ke dalam kurikulum wajib pada akhir semester VI.


Pembukaan Kegiatan KKN Mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 6 secara online

Pada tanggal 4 Agustus 2021, Rektor IAI AL-AZIS secara resmi membuka kegiatan KKN Mahasiswa IAI AL-AZIS Angkatan 6 secara online melalui platform Zoom Meeting. KKN IAI AL-AZIS tahun ini mengusung tema, “Kontribusi Mahasiswa IAI AL-AZIS dalam Meningkatkan Resiliensi Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19”. Adapun bentuk dari kegiatan KKN IAI AL-AZIS tersebut yakni mahasiswa melakukan edukasi dan pendampingan terhadap masyarakat mengenai wabah Covid-19 beserta penanggulangannya di lingkungan sekitar mereka.


Ida Purwani mahasiswa PBA bersama kelompok N membangun tempat sampah permanen


Zayid mahasiswa PBA bersama kelompok T membantu masyarakat membangun gapura

Jumlah kelompok mahasiswa peserta KKN IAI AL-AZIS Angkatan 6 sebanyak 24 kelompok. Tiap-tiap kelompok harus menghasilkan output atau luaran berupa jurnal, ebook, atau video yang relevan dengan tema KKN. Yang kemudian output tersebut perlu diurus HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan ISBN (International Standard Book Number) oleh masing-masing kelompok agar menjadi karya yang diakui dan dilindungi secara hukum. Selain perlu menyelesaikan output tersebut, tiap kelompok harus menyusun laporan kelompok yang berisi proses yang mereka lalui selama menyelesaikan output, dan program-program yang telah mereka laksanakan selama kegiatan KKN berlangsung, dimana laporan tersebut selanjutnya akan dihimpun menjadi satu buku oleh PPM (Panitia Pusat Mahasiswa). Di samping itu, tiap mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk mengisi laporan harian yang dinamakan logbook melalui google form.
(Ariane)


0 Comments