WEBINAR PANCASILA DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN



Poster Webinar Pancasila dalam Perspektif Al-Qur'an

Webinar ini diadakan oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAI Al-Azis semester 2 angkatan 8 pada Senin, 10 Mei 2021, bertemakan PANCASILA DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. Webinar ini diadakan untuk membuka wawasan serta menambah wawasan mengenai Pancasila dalam sudut pandang Al-Qur’an. Selain itu, kegiatan webinar ini juga bertujuan untuk Mengintegrasikan kegiatan perkuliahan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana belajar bersama dan peningkatan wawasan serta kemampuan mahasiswa dalam mengartikan Pancasila dalam perspektif Al-Qur’an.
Pemateri kali ini yaitu Ustadz Ali Aminulloh, S.Ag., M.Pd.I., M.E. Beliau menjabat sebagai dosen di perguruan tinggi IAI Al-Azis.

Dokumentasi Webinar Pancasila dalam Perspektif Al-Qur'an

Pemateri memaparkan bahwa mengapa “Pancasila dalam perspektif al-qur’an” harus dibicarakan, Karena setiap manusia yang memiliki agama tidak hanya menganut, menyakini, ataupun mengamalkan tetapi juga manusia mendakwahkan agamanya. Dan hal itu pun dapat membangun relasi ideologi negara dan agama nya. maka dari itu agama dan manusia, kedua hal ini saling berhubungan. Beberapa ahli menyatakan bahwa setiap manusia pasti memiliki agama. Apapun agamanya tetap manusia akan menyembah tuhannya. Pemateri juga menyebutkan bahwa dalam setiap tahun-nya jumlah penganut berbagai agama mengalami kenaikan dan penurunan, ini bisa dilihat dari presentase penganut agama pada setiap tahunnya. Hal ini terlihat bahwa setiap tahun akan adanya kenaikan dan menurunan penganut agama. 

Dokumentasi saat sesi tanya-jawab
Antusiasme dari para peserta juga tidak kalah menarik. banyak peserta webinar yang bertanya seputar materi yang dipaparkan oleh pemateri seputar pancasila dalam perspektif al-Quran. Tak kalah menarik dengan pemateri yaitu memberikan jawaban yang cukup jelas sehingga peserta mudah mencerna penjelasan dari pemateri.

Dokumentasi sesi foto bersama



Acara ini di adakan secara virtual. Meskipun begitu, acara webinar ini tetap berjalan dengan baik. Mudah-mudahan ilmu yang diterima dapat bermanfaat dan bisa diamalkan kembali agar menjadi amal jariyah di akhirat kelak.


Berikut siaran ulang acara webinar Pancasila dalam Perspektif Al-Quran :









0 Comments