PPL ANGKATAN V TAHUN 2020 – TANTANGAN DI TENGAH PANDEMI

 

Praktek mengajar di MTs Tsanawiyah Siman Lamongan

    Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib di lingkungan IAI AL-AZIS termasuk di Prodi PBA. Dengan bobot 4 SKS mahasiswa akan mempraktekkan teori-teori pedagogik yang telah dipelajari di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sejak tahun 2019 PPL di Prodi PBA sudah dapat diambil pada saat berjalannya semester 7 untuk dapat mengakomodir mahasiswa yang ingin lulus 3,5 tahun karena PPL merupakan salah satu syarat untuk diperbolehkannya mahasiswa melaksanakan skripsi

Praktek mengajar di MTs Kairul Bariyyah

    PPL angkatan ke-5 menghadapi tantangan tersendiri karena hampir semua sekolah menerapkan pembelajaran daring, sedangkan PPL diharapkan dapat dilaksanakan dalam kondisi pembelajaran ideal yaitu pembelajaran tatap muka di kelas. Dengan kondisi mahasiswa yang juga melaksanakan kuliah daring, maka mahasiswa dibebaskan mencari lokasi PPL yang dekat dengan tempat tinggal masing-masing dengan syarat pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran tatap muka di tempat (on site)

 

Diikuti oleh 19 mahasiswa angkatan ke-5, PPL dilaksanakan di 4 lokasi yaitu:

1.     MTs Ma’arif Sukaslamet, Kroya, Kabupaten Indramayu (4 mahasiswa)

2.     SMP Muhammadiyah, Haurgeulis, Kabupaten Indramayu  (4 mahasiswa)

3.     MTs Harun Al-Rasyid, Nagreg, Kabupaten Bandung (3 mahasiswa)

4.     MTs Khairul Bariyyah, Bekasi, Jawa Barat (3 mahasiswa)

5.     MTs Salafiyah Siman Lamongan (2 mahasiswa)

6.     SMP Arraisiyah Pamulang (3 mahasiswa)

Penutupan PPL di MTs Khairul Bariyyah
 

    Tantangan terbesar yaitu terbatasnya pilihan sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka, jam pelajaran yang singkat yaitu rata-rata 30 menit, hari belajar yang dikurangi oleh pihak sekolah, juga keterbatasan dosen pembimbing yang tidak dapat secara langsung memantau pelaksanaan PPL di lapangan karena lokasinya yang tersebar di berbagai daerah. Dimulai dari bulan November 2020 akhirnya kegiatan PPL dinyatakan berakhir pada bulan April 2021 dan segala tantangan yang ada merupakan pembelajaran berharga untuk peningkatan kualitas di masa hadapan.

(wns)

0 Comments