Silaturahmi Mahasiswa aktif PBA IAI AL-AZIS ; bersama Pengurus HIMMA PBA DB IV dalam mewujudkan Integritas Bersama

 

Gambar 1 Poster Kegiatan Silaturahmi

Pada Tarikh 11 Februari 2024, Pengurus HIMMA PBA IAI AL-AZIS DB IV mengadakan acara silaturahmi Bersama mahasiswa aktif PBA secara daring melalui google meet. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa aktif PBA mulai dari Angkatan 9, 10, dan 11. 


Dalam acara ini turut mengundang Kaprodi PBA yaitu Al-Ustadz Moh. Mas’ud Arifin, M.Pd. dan dosen Pembimbing HIMMA PBA yaitu Ustadzah Iis Susiswati, M.Pd. 


Acara ini dimulakan pada pukul 19.45 yang dipandu oleh Ukhti Nancy Mursalati Aini dari Angkatan 10 sebagai pembawa acara. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, pemberian sambutan oleh ketua HIMMA PBA DB IV yaitu Ukhti Fadhila Syahda Nissa mahasiswa Angkatan 9 dan pemberian sambutan dari Kaprodi PBA. 


Dilanjutkan dengan penayangan Video Profil HIMMA PBA DB IV. Setelah penayangan video, acara selanjutnya yaitu mengenalkan Program Kerja selama masa jabatan HIMMA PBA DB IV tahun 2023-2024 kepada mahasiswa aktif PBA. 

Setelah itu, masuk pada sesi tanya jawab dengan tiga penanya. Diantaranya yaitu dari Ustadzah Iis Susiawati, M.Pd. sebagai penanya pertama, dengan pertanyaan “Mengapa dalam Program Kerja HIMMA belum ada yang mengarah menciptakan Bi’ah Al-Arabiyah (Lingkungan Berbahasa Arab)?” 


Penanya kedua, dari Ustadz Moh. Mas’ud Arifin, M.Pd. yaitu “Mengapa dalam Program Kerja bagian Humas (Hubungan Masyarakat) belum ada yang berhubungan dengan Masyarakat?”


Dan penanya terakhir, Abi Gito Sugito Mahasiswa Angkatan 10 yaitu “Tolong jelaskan secara teknis dalam menghafalkan mufrodhat bagi kami para senior dan saran bagaimana jika kita mengadakan dalam 1 hari menggunakan Bahasa arab?” 


Dan dari pertanyaan tersebut dijawab oleh ketua HIMMA PBA dan bagian Pendidikan Pengembangan Bahasa yaitu Akhi Rizky Ardiansyah S.A. mahasiswa Angkatan 9. 


Dengan ditambahkan oleh Ustadzah Iis Susiawati, M.Pd. berkaitan menciptakan Bi’ah Al-Arabiyah “Sederhana saja dengan percakapan sederhana sehari-hari, Ketika menyapa, bertanya. Mahasiswa PBA jangan takut salah, ataupun gengsi” tutur beliau. 


Dilanjutkan oleh Al-Ustadz Moh. Mas’ud Arifin, M.Pd. “Yang membedakan antara PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) dengan PBA (Pendidikan Bahasa Arab) yaitu Bahasa Arab yang menjadi ciri khasnya, meskipun sama-sama Pendidikan. Itu yang akan dikenal oleh Masyarakat” tutur beliau. 


Mengenai kegiatan kemasyarakatan, Ustadz Mas’ud pun menambahkan “Dalam membuat kegiatan yang berhubungan dengan Masyarakat bisa dengan mengundang tenaga bagian Kesehatan untuk mengadakan donor darah, ataupun melakukan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang diisi oleh mahasiswa baik dari kaka kelas ataupun adik kelas, di sekolah sekitar lingkungan kampus atau di Lembaga-lembaga. Tidak hanya berhubungan dengan sesama mahasiswa, tetapi ada hubungan keluar juga dengan masyarakat” tuturnya. 


Kaprodi berpesan, “Jadikan organisasi ini menjadi tempat untuk meningkatkan diri, jangan merasa berat hati dengan tugas-tugas yang ada.” 


Dari adanya kegiatan silaturahmi ini, semoga kita dapat saling mengenal dan menanamkan sikap integritas dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berinteraksi, bahwa setiap perkataan yang kita ucapkan sesuai dengan apa yang kita lakukan secara konsisten. 


Dan jika kita dapat menanaman sikap ini, kita dapat memiliki sikap solidaritas yang tinggi, bekerja keras, dan empati dalam memajukan PBA dan kampus kita tercinta IAI AL-AZIS. 

Semoga apa yang kita ikhtiarkan dapat terwujud. Alhamdulillah, aamiin..


Acara ini ditutup dengan doa yang dipandu oleh akhi Rizky Ardiansyah mahasiswa Angkatan 9 dan foto Bersama. 

Gambar 2 Dokumentasi kegiatan acara silaturahmi bersama mahasiswa aktif PBA IAI AL-AZIS



0 Comments

Newest