Workshop Coding Dasar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia (IAI AL AZIS)

 

Gambar 1 Pemateri, dosen pembimbing, peserta, dan teknisi pendukung berfoto bersama setelah acara
 

P

astinya, anda sudah mengetahui bahwa saat ini kita berada di era digital, dimana kita dapat mengakses beragam informasi dengan mudah dan cepat melalui internet tanpa terhalang jarak dan waktu. Selain itu hampir setiap saat kita menggunakan berbagai program aplikasi untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan banyak hal. Salah satunya yaitu aktivitas program membangun aplikasi yang biasa disebut dengan Coding.

Coding adalah penggolongan data dan memberikan penyajian untuk data tersebut. Coding disini dapat dikatakan sebuah aktivitas menulis, merangkai, dan mengkomunikasikan bahasa mesin yang dapat dibaca oleh manusia. Bahasa yang digunakan dalam coding adalah bahasa pemrograman dengan ketentuan penulisan atau syntax tertentu yang kemudian dikonversikan menjadi kode – kode yang dapat dimengerti oleh mesin.

Coding sudah banyak dipelajari oleh masyarakat di berbagai negara dengan bermacam-macam jenis bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Bahkan beberapa negara telah memperkenalkan coding sejak usia dini. Pengenalan coding untuk anak-anak diperlukan untuk menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan jaman di masa depan yang serba digital. Sebagai calon pendidik maka para mahasiswa Fakultas Tarbiyah harus mengenal pula tentang coding tersebut agar dapat sejalan dengan perkembangan jaman dan juga dapat mengikuti perkembangan para peserta didiknya.

 

Gambar 2 Pelaksanaan workshop di lab komputer Gd Utsman

Mengikuti perkembangan teknologi ini maka mahasiswa fakultas Tarbiyah IAI Al AZIS angkatan 9 mengadakan kegiatan workshop coding dasar yang diisi oleh pemateri Dr. Irvan Iswandi S.E.,M.T. Kegiatan workshop diadakan di basement gedung Utsman bin Affan, Al Zaytun (Kamis,16/12). Materi yang diajarkan yaitu pengenalan coding untuk anak-anak, yaitu belajar coding tanpa harus menghafal rumus-rumus syntax pemrograman. Dalam metode ini peserta bisa berkreasi dan mengembangkan imajinasi seperti bermain puzzle. Dengan memahami cara main tersebut maka diharapkan para peserta akan bisa menguasai prinsip dasar coding dengan mudah dan menyenangkan.
(Fadhila/ Dina)

 

Gambar 3 Dr. Irvan Iswandi, S.E., M.T. menyampaikan materi workshop



0 Comments