Pengantar

 Visi Program Studi PBA

Menjadi salah satu pusat rujukan pendidikan para pendidik bahasa Arab yang profesional, dinamis, dan kompetitif serta berbudaya toleransi dan perdamaian di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2043

 

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

1.       Program Studi PBA IAI AL-AZIS bertugas mengelola secara otonomi terpimpin, dalam:

a.       Bidang akademik, yang mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;

b.       Bidang non-akademik, yang mencakup organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, dan sarana prasarana;

2.       Program Studi PBA IAI AL-AZIS senantiasa memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) untuk mewujudkan tujuannya;

3.       Program Studi PBA IAI AL-AZIS menjadikan SNPT sebagai:

a.       Dasar penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan kurikulum pada program studi;

b.       Dasar penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;

c.        Dasar pengembangan dan penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal;

d.       Dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditas;

4.       Tanggung jawab Program Studi PBA IAI AL-AZIS atas pelaksanaan pengelolaan pendidikan adalah (1) pengaturan: mencakup sistem pembelajaran, anggaran keuangan, hak mahasiswa, dan mutu pelajaran; (2) perencanaan: jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek; (3) pengawasan, pemantauan, dan evaluasi dalam rangka sistem penjaminan mutu; (4) pembinaan dan koordinasi;

5.       Tindakan yang penting segera diwujudkan yakni menetapkan tujuan; menetapkan  sasaran; menetapkan strategi pencapaian; dan evaluasi diri secara berkala.

 

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

1.       Setiap lulusan Program Studi PBA IAI AL-AZIS memenuhi standar kompetensi lulusan;

2.       Setiap lulusan Program Studi  PBA  IAI AL-AZIS bersikap dan berperilaku baik serta berbudaya toleransi dan perdamaian (sesuai Motto Al-Zaytun: “Pusat Pendidikan Pengembangan Budaya Toleransi dan Perdamaian” yang tertulis dalam Buku/ Majalah Al-Zaytun);  sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma  hasil dari proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran;

3.       Setiap lulusan Program Studi PBA IAI AL-AZIS memiliki pengetahuan untuk  menemukan, mengembangkan ilmu pendidikan bahasa Arab yang diperoleh  dari proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran bahasa Arab;

4.       Setiap lulusan Program Studi PBA IAI AL-AZIS memiliki keterampilan dan  kemandirian dalam menggunakan konsep, teori, metode, dan alat/bahan penunjang lainnya yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan  pendidikan bahasa Arab, termasuk ketrampilan melakukan penelitian ilmiah dan publikasinya dalam jurnal;

5.       Setiap lulusan Program Studi PBA IAI AL-AZIS dapat memberi kontribusi yang terbaik bagi individu, keluarga dan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

 

Strategi Prodi PBA

(1) Pengembangan budaya mutu secara terus-menerus;

(2) Pengembangan networking kerjasama;

(3) Peningkatan input kompetensi dosen;

(4) Peningkatan konsolidasi internal

 

Tata Nilai Prodi Pendidikan Bahasa Arab

1)       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2)       Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3)       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4)       Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara;

5)       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6)       Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7)       Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8)       Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9)       Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10)   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

11)   Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;

12)   Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya;

13)   Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;

14)   Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;

15)   Bersikap inklusif,  bertindak  obyektif  dan tidak  deskriminatif  berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;

16)   Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan cinta  serta penuh percaya diri sebagai praktisi hukum pidana Islam;

17)   Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang praktisi pendidikan secara umum dan bidang pendidikan Bahasa Arab secara khusus;

18)   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dalam bidang pendidikan secara umum dan bidang pendidikan Bahasa Arab secara mandiri.

 

PROFIL LULUSAN

(1)   1. Pendidik/Praktisi Pendidikan

2. Asisten Peneliti Pendidikan

3. Pengembang Bahan Ajar

 

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan khusus sebagai berikut:

1.            Mampu mengembangkan kurikulum mata Pelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;

2.        Mampu menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Arab yang mendidik di sekolah/madrasah;

3.        Mampu memanfaatkan  teknologi informasi  dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;

4.        Mampu memfasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berbahasa Arab dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;

5.        Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran  Bahasa  Arab  di sekolah/madrasah, di komunitas akademik dan di masyarakat;

6.        Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Bahasa Arab secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;

7.        Mampu melakukan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab;

8.        Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;

9.        Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat dan hadis-hadis pendidikan dan kebahasaan

10.    Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;

11.       Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik Bahasa Arab yang pembelajar.

0 Comments